Sabtu, 06 Januari 2018

Serius (Ikut) Liburan Akhir Tahun

Serius (Ikut) Liburan Akhir Tahun


Agak nyesek juga nulis tema ini. Soalnya aku nggak ke mana-mana setiap akhir tahun. Nggak pergi ke luar kota kayak orang-orang. Nggak bikin status on the way. Nggak check in di suatu tempat. Nggak heboh update foto di sosmed. Emang sik kalau update foto di sosmed, terutama facebook aku sudah sangat jarang. Kalau update instagram mah biar feednya nambah. Hahaha. Sekalipun itu liburan. Males. Hehehe. Kalau misal upload foto ya latepost. Biarkan aku dan Tuhan yang tahu kenapa foto-foto lebih baik untuk konsumsi pribadi dan jagad persosmedan kalau diupload. *halah*

Jika orang-orang kebanyakan check in di tempat-tempat wisata atau hits lainnya, maka aku bisa dipastikan check in di kantor. Yup, semenjak bekerja, akhir tahun begini lebih banyak stand by di kantor. Kalau zaman di kantor unit dulu akhir tahun lebih banyak di lapangan. Nagihin pelanggan yang nunggak. Keliling dari desa ke desa. Kadang naik mobil rame-rame sama teman. Sering juga naik motor dibonceng rekan kantor. Seru banget. Kadang kangen kalau tugas lapangan. Tapi stress jugak kalau target belum tercapai sementara para bos udah ngoyak-oyak. Paaakkkkk ke sinilah bantu nagihin. Hahaha.


Dulu libur itu cuma pas natal doank. Sisanya masuk. Sekalipun libur bersama. Ngenes lagi kalau tahun barunya di tengah-tengah minggu, sudah bisa dipastikan nggak bakal bisa pulang. Nanggung kan pulang cuma sehari, sementara jarak kota rantau ke kampung cukup lumayan jauh. Pernah lho tahun baruan di kantor. Jadi nungguin saldo tunggakan sambil nyiapin makan rame-rame. Hehehe. Pernah juga pulang cuma sehari doank pas libur natal gegara esoknya harus dinas keliling desa. Office life banget nggak sih? Hahahaha.


Tiga tahun terakhir menikmati ritme akhir tahun di kantor induk. Secara mental tekanannya lebih ngeri. Sebagai kantor yang menjadi pusat unit-unit se-Jateng DIY tentu load pekerjaan lebih tinggi. Walau sebenarnya kerjaanku lebih banyak ngumpulin data. Cuma tetep aja sih ya. Kadang kantor pusat tuh mintanya segera dan harus jeee. Kalau akhir tahun sudah bisa dipastikan lebih banyak di kantor. Nggak bisa cuti dan otomatis nggak sempat piknik. Huh. Cedih.

Menyiasati ritme kantor yang menggila di akhir tahun dan demi sebuah alasan biar tetap waras, aku ngelakuin hal-hal ini:

- Nonton. Entah berapa kali kami nonton bareng di akhir tahun. Kayaknya seminggu sekali deh. Ini prestasi banget. Padahal biasanya kami nggak gitu-gitu amat. Hahaha. Efek stress berkepanjangan ya beginilah. Bahkan pernah pula, kami ngibrit pulang on time buat nonton dan balik lagi ke kantor lembur. Pulangnya tetap tengah malam. Hahaha.

Trio kwek-kwek :p

- Makan bersama di luar. Aku dan anak-anak kantor sering banget makan di luar kalau gedeg sama kerjaan. Biasanya ada kode "yuk makan enak dan mahal". Nah, kalau kode itu keluar berarti lagi ada yang stress. Lumayan kan bisa keluar kantor dan melihat jalanan sejenak. Anggap aja itu piknik. Wkwkwkwk.

- Ngemall. Jujur aku tuh sebenarnya nggak suka ngemall. Suka capek kalau keliling dari outlet ke outlet. Suka pusing kalau mall terlalu rame. Tapi berhubung akhir tahun ini nggak ke mana-mana dan nggak ada pilihan lain buat liburan, yawes mall jadi pilihan buat refreshing. Kadang cuma makan doank. Kadang liat-liat dan berujung beli hal enggak penting. Huhuhu jangan ditiru yaa!

- Main ke sawah. Ini aku lakuin pas Natal kemarin bisa pulang 3 hari. Berhubung badan dan otak udah nggak kuat mikir mau pergi ke mana jadi yawes di rumah aja. Istirahat. Leyeh-leyeh sambil makan masakan emak. Eeeeh kok ndelalah orang rumah malah mau nanem padi. Yawes toh kesempatan banget buat main ke sawah. Hahaha. Berasa nostalgia zaman masih piyik dulu kerjaannya di sawah mulu. Ternyata jalan kaki bolak balik rumah sawah itu kek keliling lapangan 10x, Mamen! Gempor segempor-gempornya tapi bahagia. 

Melihat kondisi kerjaan dan ritmenya yang naik turun kayak roller coaster di akhir tahun, maka sekarang udah nggak pernah lagi merasa sedih kalau timeline penuh foto liburan. Dulu sih pernah ada di titik iri dan nggak terima. Hahaha. Sekarang mah terima-terima aja. Toh nanti bisa liburan ketika orang-orang masuk kerja. Enak banget kan? Wkwkwkwk dengan catatan cuti diacc loh ya :p

Sekarang juga udah mulai paham jika liburan tak harus jauh ke pulau seberang atau ke luar negeri. Liburan kan harusnya dinikmati. Sebisa mungkin kalau lagi liburan juga nggak sering-sering pegang gadget. Harus bisa menikmati dan meresapi. Plus liburan juga enaknya ngobrol-ngobrol dengan teman bukan asyik posting di sosmed. Hehehe. Kalau pun posting pasti juga latepost :D

Kalau Mbak Uniek dan Mbak Novia liburan akhir tahun ini ke mana nih? :)


Salam,

@tarie_tarr



Tidak ada komentar:

Posting Komentar