Jumat, 23 Februari 2018

Ingat, Bukan Hanya Puthuk Setumbu Yang Ada Di Magelang!



Kalau ingin membuat mantan pacar kembali terpesona pada dirimu, ajak saja berpetualang ke Puthuk Setumbu yang ada di Magelang. Setidaknya itulah yang dilakukan Rangga untuk membuat Cinta tak berdaya pada pesonanya di sekuel Ada Apa Dengan Cinta 2. Letaknya tidak jauh dari Candi Borobudur, siapapun tidak bisa menolak mengagumi keindahan pemandangan dari Puthuk Setumbu saat matahari terbit dari peraduannya. Ada nuansa magis ketika melihat mentari menyembul dari Gunung Merapi atau Merbabu, sedang di sisi lain kemegahan Candi Borobudur pun terlihat dengan jelas. Tapi, bukan hanya Puthuk Setumbu yang ada di Magelang. Bermodal tiket pesawat Air Asia ke Yogyakarta lalu ke Magelang, inilah destinasi wisatanya yang tidak bisa dilewatkan.

Ketep Pass

Belum puas memandang gagahnya Gunung Merapi, ada Ketep Pass di kecamatan Sawangan yang bisa kamu tuju untuk menikmatinya. Lewat gardu pandang yang berada di ketinggian 120 meter di atas permukaan laut, inilah tempat terbaik Ketep Pass untuk para pengunjungnya.


Sumber: Instagram.com @anerangi

Tidak hanya menikmati pemandangan alam, bisa menambah wawasan juga dengan mengunjungi Museum Vulkanologi yang berada di kawasan yang sama. Ingin melihat Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, Sumbing, dan Slamet dari satu tempat? Jangan lewatkan pelataran Panca Arga di Ketep Pass ini ya.

Wisata Hutan Pinus Kragilan

Agak jauh di lereng Merbabu, Magelang juga terdapat deretan pohon pinus yang teduh, nyaman, dan asyik untuk selfie. Mungkin hutan ini pun terlihat dari Puthuk Setumbu hanya tidak bisa dipastikan titik mana tempatnya berada. Destinasi yang mendapat julukan Top Selfie Pinusan ini menyajikan banyak spot selfie yang dicari wisatawan kekinian. Mau mountain wing, sepeda langit, rumah pohon, gardu pandang love, sebut saja mana yang ingin kamu foto dan diunggah di Instagram.

Sumber: indeksberita.com (Eddy Santry)

Punthuk Sukmojoyo

Tak kalah dengan Puthuk Setumbu, destinasi wisata baru ini terletak di ketinggian sekitar 1000 meter di atas permukaan laut. Cukup 20 menit saja dari Candi Borobudur dengan sepeda motor, arahkan saja ke Dusun Krinjing Kecamatan Borobudur. Tempatnya agak membingungkan, sebaiknya gunakan GPS untuk mengarahkan jalannya karena ada beberapa rute yang disarankan untuk menuju ke sana.


Sumber: Traveloka

Kini Punthuk Sukmojoyo telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas kekinian bagi kamu yang ingin menikmati hamparan pemandangan alam hijau di depan mata. Hati-hati ketika kabut turun, bawa saja jaket tebal untuk berjaga-jaga.

Gereja Ayam

Nah, Rangga mengajak Cinta mengunjungi Gereja Ayam ini juga. Bangunan yang berada di dusun Gombong, sekitar 2,5 kilometer dari Candi Borobudur ini memang cukup tersembunyi. Tempat ini sangat pas buat kamu yang menyukai pemandangan alam sambil mengasah kemampuan fotografi.

Sumber: Traveloka
Konon di Gereja Ayam yang biasa disebut juga dengan Bukit Rhema ini menyimpan kisah mistis yang tidak terungkap. Tapi dengan kemunculannya di film Ada Apa Dengan Cinta 2, pengunjung rupanya tidak memberi perhatian khusus pada misterinya, lebih memerhatikan pemandangan alam yang tiada dua dari puncak Gereja Ayamnya.

Untuk menutup perjalanan wisata ke Magelang, jangan lupa mencicipi kuliner yang aman buat kantong. Sedikit berat, makan siang saja di Soto Sapi Laras Roso yang memiliki rasa khas sedikit asam karena diberi tomat di kuahnya. Soto Sapi Laras Roso bisa ditemui di Jalan Sriwijaya atau di Jalan Yos Sudarso, Magelang. Kalau melewati Muntilan, coba dulu Sop Empal Bu Haryoko di Jalan Veteran yang telah turun temurun 3 generasi menyajikan sop empal istimewa yang murah harganya.


Saat di Gereja Ayam, kamu bisa menikmati pemandangan alam sambil minum-minum cantik di Wisata Kuliner Kedai Rakyat W’dank Bukit Rhema. Ada singkong goreng gratis yang bisa dimakan sambil menemani minuman hangat maupun dingin yang kamu pesan. Satu yang tidak boleh terlewat adalah wisata kuliner Kupat Tahu Pojok Magelang yang jadi favorit berbagai kalangan. Bahkan mantan presiden SBY juga menyukai masakan kupat tahu ini. Kamu kapan wisata ke Magelang dan mencicipinya langsung?

2 komentar:

  1. Pas ngunjungin Gereja Ayam itu aku merasakan aura gimana gitu, aneh aja rasanya. Apalagi sewaktu masuk ke lorong-lorong yang ada di bawah tanah. Tapi masa iya di bangunan yang diniatkan sebagai tempat ibadah ada begituannya, pikiran itu yang kemudian membuat aku berani lama-lama hahaha.

    BalasHapus
  2. Pas ke sana, malah ketep pass yg aku datangin duluan. Puthuk setumbu belum pun :p. Yg ketep pass aku suka banget mba. Apalagi bisa melihat gunung merapi jelas, ama museum volcanonya juga baguuus...

    BalasHapus